Hijabers


Hijabers
Pengembara dan belakang jilbab: wanita dalam fotografi Catalina Martín-Chico
Pengembara dan belakang jilbab: wanita dalam fotografi Catalina Martín-Chico

Artis Perancis-Spanyol membuka MAC pada hari Jumat di Nawal, Sulma, Olga dan yang lainnya.

Dia bahkan tidak memiliki kamera profesional, tetapi 15 tahun yang lalu Catalina Martín-Chico (1969) datang sebagai turis ke Chili dan ingin menggambarkan anak-anak panti asuhan. "Saya sedang belajar di International Center of Photography, di New York, dan saya tidak memiliki pekerjaan tetap atau membeli kamera pertama saya. Sebenarnya, saya mendapatkannya di sini di Chili dan memutuskan untuk pergi selama satu setengah bulan ke Concepción, di mana saya mengambil foto sekelompok anak yatim piatu, "katanya.

Tanpa menyadarinya, rekor itu menjadi seri pertamanya. Dia memamerkannya, kenangnya, di galeri kecil New York pada 2006, dan sejak itu belum berhenti. "Tahun itu saya pergi ke panti asuhan lain di Afrika, dan saya membuat pameran dengan kedua karya di Brussels. Itu adalah ketika saya pertama kali harus melakukan perjalanan ke Yaman, pada tahun 2007. Itu memulai karir saya sebagai wartawan foto, "tambah Martin-Chico, yang lahir di Madrid delapan tahun tinggal di Paris.

Karyanya telah diterbitkan di Le Monde, Elle dan Le Figaro, di Prancis, selain The New York Times, Sunday Times, dan majalah Jerman Der Spiegel. Sekarang dia kembali ke Santiago diundang oleh canon yang atas hadiah jatuh ke karyanya pada tahun 2017 dan untuk meresmikan Nawal, Sulma, Olga dan semua yang lain , pameran pertama di negara itu dan membuka Jumat di MAC Forest Park.

Pameran, dengan 39 gambar mulai dari tahun 2006 hingga sekarang, menggambarkan kehidupan "tertindas dan nomaden" dari sekelompok wanita anonim, melewati Timur Tengah - Yaman, Iran dan Irak - ke persembunyian tersembunyi dari mantan gerilyawan FARC, di hutan Kolombia, dan komunitas Amish di Pennsylvania dan Indiana, di Amerika Serikat.

"Saya ingin menceritakan kisah-kisah tersembunyi dan bahwa mereka akan memancing minat, tidak hanya pada wanita, tetapi ketika saya membuat rute saya menyadari bahwa mereka adalah orang-orang yang paling tersembunyi," ia menjelaskan. Yaman, misalnya, kembali setidaknya sekali setahun selama dekade terakhir, "dan selalu menyakitkan lagi bahwa ibu dan remaja tetap berada di balik cadar, seolah-olah laki-laki mereka dan seluruh sistem agama berusaha terus menyangkal mereka hak untuk menjadi siapa mereka? "

Untuk Martín-Chico, karyanya tidak berhubungan dengan Diane Arbus atau Vivian Maier. "Saya dipengaruhi lebih banyak oleh Bruce Davidson (AS, 1933), terutama dalam hal komposisi, bekerja pada sudut yang besar dan adegan yang dia gambarkan. Tetapi juga karena dia mengepung dirinya sendiri dan terlibat dengan kelompok-kelompok yang dia putuskan untuk difoto. Dan itulah yang saya lakukan. Saya cenderung berpikir juga bahwa tidak ada gender dalam tampilan, dan bahwa tidak ada foto yang dapat dibedakan jika dibuat oleh pria atau wanita. Kepekaan dibagi oleh kita semua, tetapi dalam karya Davidson ada karakter heroik dalam karakter yang mengguncang saya, karena semua wanita ini adalah pahlawan saya ".

Comments

Popular posts from this blog

Hijab Syar'i

Hijabenka